PERTUNI Logo

PERTUNI
Persatuan Tunanetra Indonesia
Indonesian Blind Union

Rakernas Pertuni 2011

Rapat Kerja Nasional Persatuan Tunanetra Indonesia (Rakernas Pertuni) 2011 akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 12-15 Desember 2011.

Tempat penyelenggaraan: Wisma Pusat Pendidikan dan Latihan Kementerian Sosial RI, Jl. Margaguna, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Tema: “Refitalisasi eksistensi, partisipasi dan kontribusi PERTUNI dalam pembangunan nasional, atas dasar kesetaraan menuju terwujudnya masyarakat inklusif”.

Latar Belakang

Sebagai organisasi kemasyarakatan tunanetra tingkat nasional, Pertuni mengemban visi sebagai organisasi yang memperjuangkan terwujudnya masyarakat inklusif, dimana orang tunanetra dapat berpartisipasi penuh atas dasar kesetaraan. Guna mewujudkan visi tersebut, perlu semakin dibangun jaringan organisasi yang kuat dan dinamis, baik ditingkat pusat, daerah hingga cabang.

Integritas Pertuni semakin dituntut secara proaktif. Untuk itu issu-issu strategis baik dalam lingkup Pertuni maupun tunanetra secara keseluruhan perlu menjadi perhatian dalam penyusunan rencana dan pelaksanaan program kerja. Issu-issu strategis tersebut dirumuskan dengan tetap memperhatikan kondisi lokal daerah, yang berorientasi pada pelaksanaan otonomi daerah dan pengoptimalan sumber daya daerah. Dengan penguatan organisasi ditingkat daerah, diharapkan Pertuni dapat mewujudkan misi sebagai organisasi yang berdaya. Disamping itu, peran dan perjuangan Pertuni sebagai ormas yang turut mendorong dan mengkampanyekan diratifikasinya segera konvensi internasional hak-hak penyandang disabilitas merupakan issu sentral dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan. Guna mengimplementasikan pokok-pokok pikiran tersebut, DPP Pertuni memandang perlu untuk menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS ) Tahun 2011.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan RAKERNAS:

    1. Merumuskan teknis implementasi isu strategis PERTUNI di daerah, sebagai acuan penyusunan prioritas program kerja.

    2. Meningkatkan pengetahuan dan membangun profesionalisme keormasan PERTUNI, dalam upaya penguatan organisasi.

    3. Optimalisasi pelaksanaan program kerja dan kegiatan PERTUNI, dalam upaya mewujudkan fungsi dan tujuan organisasi sesuai dengan visi dan misinya.

Untuk Informasi lebih lengkap, silakan download KERANGKA ACUAN Rakernas 2011.

 

Updated February 2013 © PERTUNI 2013